Tegal Insyaallah Maiyah

Maiyah lahir sebagai jawaban atas keresahan-keresahan yang sisebabkan oleh benyaknya perbedaan di Negri ini. Namun seperti itulah maiyah, bukan suatu golongan, aliran agama, partai politik ataupun organisasi yang memiliki kepentingan tertentu. Siapa saja bisa masuk kedalam maiyah, dan siapa saja boleh menafsirkan apa itu maiyah. Akan tetapi maiyah lebih cenderung kedalam sebuah kegiatan proses belajar yang tidak memiliki syarat apapun. Jika pun ada, syarat tersebut mukin adalah rasa cinta kepada apa dan siapa saja. Bermaiyah tidak perlu terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran atau membayar uang iuran setiap bulan. Emha Ainun Nadjib sendiri atau yang lebih sering dikenal dengan Cak Nun pun tidak pernah merasa dirinya sebagai guru dalam forum-forum maiyah. Beliau selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kesamarataan dan kebersamaan.

Sedangkan menurut Muhammad Nursamad Kamba bahwa Kosakata ‘maiyah’ dalam bahasa Arab berarti: dalam keadaan bersama atau kebersamaan yang tak terlepaskan, the endless togethern ess (kalau boleh menggunakan kosakata seperti ini). Dalam tradisi sufisme maiyah berarti maiyatullah (bersama Allah) yakni makna yang bersumber dari keadaan yang dialami rasulullah Muhammad SAW dan sahabatnya. Abu Bakar r.a tatkala berada di dalam gua tsaur ketika sedang dikejar musuh dimana Muhammad SAW menyatakan kepada sahabatnya “Allah bersama kita”.
Maka sangatlah tepat jika beberapa masyrakat di kota dan kabupaten Tegal yang sangat mencintai Cak Nun dan segala buahkaryanya ingin membentuk suatu wadah untuk bermaiyah. Sebagai proses kebersamaan untuk memperoleh cinta dan ridhoNya. Lepas dari itu semua ikhtiyar bermaiyah di Tegal juga sebagai upaya kita untuk lebih mencintai budaya lokal dan semangat persatuan berbangsa dan bernegara. Sebab seperti itulah yang sering kali disampaikan oleh Emha Ainun Nadjib di beberapa forum maiyah.

Diakhir tulisan ini kami sangat mengharap do’a dan restu agar cita-cita ini dapat segera terwujud. Sebab direncanakan Jumat 27/01/2017 sebagian teman-teman yang mengharapkan terbentuknya forum maiyah tegal akan melakasanakan kongkow untuk yang pertama kali. Semoga untuk waktu yang tidak lama lagi “Tegal Insyaallah Maiyah”.


Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Tegal Insyaallah Maiyah"