Minggu, 15 September 2019

Sukses itu Kontrol Waktu Menjadi yang Terbaik Bagi Diri


Setelah beberapa waktu lalu di Bulan Maret 2019 Mas Sabrang datang ke Tegal, Malam ini 13 September 2019 malam yang spesial untuk Kabupaten Tegal karena sepertinya kali pertama Mas Sabrang menginjakkan kaki di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal. Acara yang diadakan oleh Komunitas Sahabat Yatim Tegal dalam rangka memperingati hari lahirnya yang ke 5 mempunyai konsep yang berbeda yakni dipuncaki dengan Sinau Bareng bersama Mas Sabrang dan juga menghadirkan anak-anak panti asuhan se Kabupaten Tegal. Bahkan Jamaah Maiyah Tegal pun ikut hadir saling menjalin kemesraan malam itu.

Mas Sabrang memulai diskusi malam ini dengan sebuah kata Sukses. Konsep sukses dan bagaimana modal sukses.

Pertanyaan pertama yang dilontarkan Mas Sabrang yaitu Manusia itu apa sih sukses nya? Kemudian Mas Sabrang menyampaikan bahwa banyak orang bermimpi sukses itu kaya jabatan tinggi trus mana yang paling bener? Lanjut Mas Sabrang Semua boleh tidak masalah karena sukses itu Versi terbaik dari dirimu. Nah tips untuk menjadi yang terbaik dari dirimu adalah dirimu yang kemarim harus mati dan menjadi dirimu yang lebih baik di esok hari.

Kemudian Mas Sabrang menjelaskan bagimana caranya yakni mulai dari modal. Ada konsep modal yang berbeda disampaikan mas sabrang bahwa Modal yang dimiliki semua manusia dan seragam di dunia adalah waktu. Bahkan bukan hanya manusia saja tetapi hewan juga. Orang yang sukses adalah orang yang punya kontrol terhadap wakunya. Lanjut Mas Sabrang menyampaikan orang sukses itu Karena bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik baiknya. Mari bersama-sama temukan caranya Bagaimana memanfaatkan waktu sebaik baiknya yakni dengan mencoba dihidup anda ambil waktu dengan sengaja untuk melakukan sebuah pekerjaan secara terus menerus.

Malam ini juga cukup spesial karena kang aan dari Sedulur Maiyah Kudus mendampingi kang Ali dari Poci Maiyah memoderatori jalannya sinau bareng malam ini dan joke joke kang Aan dan kang ali menambah kemesraan sinau bareng malam itu.

Setelah Mas Sabrang memberikan pengantar sinau bareng malam ini, sesi tanya jawab pun dibuka oleh Mas Aan selaku moderator.

Pertanyaan pertama datang dari jamaah dari cirebon bagaimana bisa kontrol waktu saat tidur? Kemudian pertanyaan kedua perayaan unik pacaran kan tidak boleh, bagaimana kalau saya mengontrol waktu untuk merusak hubungan orang yang pacaran? dilanjut  pertanyaan ketiga sebagai pedagang dalam islam yang baik itu kaya penjualan itu berapa persen mengambil untung? dan pertanyaaan keempat datang dari jamaah bumiayu segitiga cinta itu apa sih? Yang sedikit saya tahu adalah puncak sang pencipta.

Setelah itu Mas Sabrang segera merespon empat pertanyaan tersebut.

Bagaimana kamu mengontrol tidurmu kamu bisa mencoba dengan memasang alarm atau kalau anda sudah tidak jomblo anda minta pasangan anda membangunkan. tapi kamu sendiri misalnya harus menganggap bangun jam 6 pentinng, Kalau anda tidak menganggap penting bangun jam 6 pasti tetap kamu akan susah juga untuk bangun dari tidurmu. Jadi semua kembali kepada niat, mau caranya bagaimanapun itu tidak penting. Arah boleh berubah tapi tujuan istiqomah.

Merespon pertanyaan kedua mas sabrang mengajak jamaah untuk kembali bertanya kepada diri sendiri apa itu pacaran yang kamu maksud?dimana garisnya?Kalau memang anda memanfaatkan waktu untuk merusak hubungan orang pacaran, yang penting anda harus siap dengan akibatnya. Coba anda berfikir orang yang anda rusak hubungannya adalah orang yang sudah menembak selama 17 kali baru diterima dan kemudian anda rusak hubungannya. Betapa dendamnya orang itu. Sontak semua jamaah tak terkecuali pak Sekda Kabupaten tegal ikut tertawa renyah.


Merespon pertanyaan ketiga Mas Sabrang memulai dengan Konsep berharganya sesuatu. Ada sesuatu dihargai oleh uang. Contoh Anda di kasih dompet dr ayah yang sudah meninggal kemudian menurut anda itu sangat berharga sehingga dengan nilai uang berapapun itu tidak bisa digantikan.

Mengenai jual beli yang mengambil untung besar yang jelas perjanjian hubungannya bagaimana, kalau mau beli tanpa terpaksa ga masalah. Mau jual berapa aja no problem. Tetapi pengusaha yang waras akan mikir pasar. Jika jual 1 untungnya sepuluh ribu dan laku hanya satu tetapi jual 1 untungnya seribu tapi lakunya 20 anda milih yang mana?

Mas Sabrang memberi sampel jualan bakso. Kalau semua pedagang bakso sama sama kuat  maka siapa yang buka lebih lama berkemungkinan lebih banyak penghasilannya. Kalau semua pedagang bakso sama sama kuat kemudian sama sama kerja keras keras yang menang yang paling efisien sehingga bisa untung lebih. Kalau semua pedagang bakso sama sama kuat, keras dan efisien siapa yang menang? yang menang yang inovatif. Kalau sudah semua, siapa yang menang? Yaitu siapa yang mampu memprediksi yang terjadi, caranya dengan srawung. Kalau urusan harga yang anda tanyakan adalah etika. Barang harga sepuluh ribu dijual seratus ribu tidak  masalah secara hukum, tetapi  kalau kamu tidak tega jangan dilakukan.

Mas Sabrang juga mencontohkan Sama sama peci. Tapi pecinya gusmus harganya mahal karena ada nilai lain. Bisnis terjadi karena perbedaan orang menganggap nilai benda tersebut.

Melanjutkan respon untuk pertanyaan keempat Mas Sabrang mulai dengan mengajak memikirkan Cinta itu apa sih? Sebelum masuk cinta itu apa menjelaskan tentang pengetahuan itu bukan hanya urusan percaya. Pengetahuan itu adalah apa yang anda alami.

Memasuki respon tentang cinta, Cinta adalah transformator.Kenapa transformasi sangat penting? transformasi harus dilakukam setiap hari. Ketika kamu ingat dalam hidupmu. Transformasi dalam dirimu tidak berlawanan dengan hukum alam dan agama adalah petunjuk agar kamu bertransformasi dengan efektif.

Mas Sabarang memberi contoh Rakus itu bisa membawamu ke tuhan. Rakusmu kaffah aku pengin jagad raya milikmu. Kalau kamu pengin jagad raya kamu harus kenal sama yang punya tapi apa menurut agama efektif?

Ketika kamu bertransformasi Jangan lupa komponen Allah dan nabi Muhammad. Ketika itu hadir transformasimu terjaga dan efektif.


Setelah sesi pertama diskusi ini berakhir Mas Aan menawarkan kepada Jamaah ada yang mau duet dengan Mas Sabrang? Salah seorang jamaah cewe pun mengangkat tangannya dan kemudian satu nomor Ruang Rindu dibawakan duet dengan Mas Sabrang, pendopo Amangkurat malam itu pun bergetar seakan malam tersebut adalah ruang penuh kerinduan yang terobati dengan pertemuan.

Setelah ruang rindu jamaah pun kembali diajak untuk sinau bareng. Kali ini ada beberapa pertanyaan lagi yang menarik dari jamaah diantaranya adalah dari Mba Febri setiap orang pasti punya masalalu yang pahit. Bagaimana cara memahami luka batin dan menanaminya agar kedepan lebih baik?

Lagi-lagi Mas Sabrang merespon dengan sisi yang berbeda yaitu kalau kamu membuang masa lalu, kamu tidak akan utuh. Hidup itu mencari keutuhan bukan kebahaggiaan

Masa lalu kalau masih diingat berarti dia belum tunai. semua kejadian yang dialami anda itu punya misi memberi cara pandang baru. Kalau anda belum menemukan misinya dan kemudian jadi ilmu  belum jadi ilmu anda akam selalu teringat. Pengalaman punya tugas untuk meningkatkan ilmu anda.

Kalau minum jamu pahit tapi kalau sehat kamu lupa pahit nya. Pengalaman itu tidak berubah yang berubah pemaknaannya. Tukas Mas Sabrang.

Mari kita jangan pernah membenci manusia, karena musuh manusia adalah masalah bukan manusia. Yang patah hati di tinggal cewek itu selesai karena anda bisa menertawakan diri sendiri.

Tak terasa jarum jam sudah menujukkan pukul 00.00 dan sinau bareng malam ini harus diakhiri, tapi sebelum diakhiri dua nomor Permintaan hati dan Sebelum Cahaya dilantunkan menutup acara malam itu dan dilanjutkan salam-salaman dengan seluruh anak-anak panti asuhan dan Jamaah Maiyah diiringi lantunan Hasbunallah miliknya Kiai Kanjeng.


Semoga acara sinau bareng yang banyak berdiskusi tentang konsep sukses dan bagaimana modal sukses. Konsep nilai, konsep hidup itu mencari keutuhan dan konsep yang ditangkap oleh anak-anak panti dan jamaah maiyah yang tidak semuanya bisa ditangkap dan dituliskan disini membawa sejumlah inspirasi baru buat anak-anak panti asuhan dan juga Jamaah Maiyah yang hadir untuk kedepan menjadi versi terbaik bagi dirinya.