Melingkar April 2017-Sejarah Islam di Wilayah Pantura

Tema yang diusung pada bulan april tahun 2017 kali ini adalah tentang Sejarah Islam di Wilayah Pantura, namun yang disayangkan adalah masih minimnya referensi dan belum ada narasumber yang bisa menceritakan sejarah secara detail tentang sejarah islam disekitar wilayah pantura. Di perpustakaan Kota tegal sendiri hanya ada dua judul buku yang terkait dengan tema.

Diskusi kali ini dibuka dengan pembacaan surat al-Waqiah, sebagai muqodimah adalah membahas dan bercerita tentang kisah Mbah Panggung yang terkenal dengan Suluk Malang Sumirang_nya. Mbah Panggung sendiri diyakini sebagai salah satu penyebar agama Islam pada masa Wali Songo yang tinggal di Kota Tegal. 

"Selain itu, salah satu cara untuk mengenal sejarah Islam di Poltabes adalah dengan mengetahui makam makam Wali penyebar ajaran Islam di Poltabes. Seperti yang di contohkan oleh Nabi Adam A.S. Yang menandai titik pertama kali turun ke Bumi yang saat ini kita kenal sebagai Ka'bah". Seperti itulah kira-kira yang disampaikan oleh Kang Fahmi.

Adapun untuk agenda acara Poci Maiyah kedepan adalah selalu diawali dengan membaca tawasul kepada para Wali yang berada di sekitar pantura (Brebes dan Tegal khususnya). diantara para auliya tersebut adalah sebagai berikut :

1. Habib Muhammad Bin Thohir Al Haddad
2. Mbah Panggung
3. Ki Gede Sebayu
4. Raden Purbaya
5. Mbah Anggawana
6. Amangkurat
7. Raden Ajeng Kardinah
8. Joko Poleng
9. Mbah Luwung
10. Mbah Busro
11. Mbah Semedo
12. Mbah Datuk

==============================
Silahkan nanti bisa ditamhkan saat acara melingkar bulan Mei 2017

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Melingkar April 2017-Sejarah Islam di Wilayah Pantura"

Posting Komentar